Program HEBAT..!!

Disamping adalah remaja- remaja Kota Cilegon dalam kegiatan Sosialisasi dan Pengisian Quistioner seputar pengetahuan HIV AIDS dan kesehatan reproduksi. Remaja rentan terhadap HIV. Diperkirakan terdapat lebih dari satu juta pengguna narkoba suntik di Indonesia. Sebagian besar mulai menggunakan narkoba pada usia 13-17 tahun. Para pengguna narkoba suntik ini seringkali aktif secara seksual dan kemungkinan besar melakukan hubungan seks tanpa pengaman. Remaja rentan terhadap penggunaan narkoba dan hubungan seks tidak aman di luar pernikahan yang berisiko terinfeksi HIV-AIDS. Latar Belakang Survei di antara para siswa dan guru SMP di Bandung menunjukan bahwa pemahaman penuh perilaku berisiko di antara remaja adalah sangat penting. 91,6% dari 351 siswa SMP memiliki pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan tentang kesehatan reproduksi, namun 73,4% merasa kurang memiliki kemampuan untuk menolak narkoba dan aktifitas seksual yang tidak diinginkan. Tidak hanya para siswa, para guru juga merasa kesulitan untuk mengajarkan tentang pengetahuan tersebut dikarenakan terbatasnya waktu dan kemampuan untuk mengajarkan hal tersebut.



Apakah HEBAT!

HEBAT! (Hidup Sehat Bersama Sahabat!) adalah sebuah kurikulum sekolah berbasis ketrampilan hidup tentang drugs education dan kesehatan reproduksi. Kurikulum ini menggunakan pendekatan berdasarkan hak (right-based approach) yang diberikan oleh guru-guru bimbingan dan konseling.
HEBAT! Telah diujicobakan di lima SMP di Bandung, implementasi HEBAT! Adalah hasil kerjasama antara Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran, Dinas Pendidikan dan Komisi Penanggulangan AIDS Kota Bandung. Kurikulum ini bertujuan untuk menjangkau semua siswa smp negeri 8 di Bandung. 

Lesson Learned :
-Analisa kebutuhan secara komprehensif diantara siswa SMP dan stakeholder lain yang terkait berfungsi sebagai bukti untuk menentukan intervensi program 
-Pembelajaran partisipatif lebih menarik bagi siswa daripada pembelajaran menggunakan pendekatan tradisional dengan komitmendari para guru untuk menjamin kualitas dari implementasi program.
-Kerjasama secara dekat antara Pemerintah, Perguruan tinggi dan LSM setempat 

HEBAT! 
-Memenuhi kebutuhan dan hak – hak remaja 
-Meningkatkan keinginan siswa untuk berprilaku sehat dengan cara meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk mencegah perilaku berisiko 
-Memampukan guru untuk memfasilitasi berbagai isu sensitive dan memberikan pelatihan bagi rekan-rekannya. 
-Membangun komitmen yang kuat dan kuat dari Pemerintah untuk menjamin kebelanjutan 

Di Kota Cilegon program HEBAT! ini belum di laksanakan namun pihak KPA dan Dinas Kesehatan sudah melakukan berbagai langkah kepada Dinas Pendidikan dengan harapan program HEBAT! dapat di aplikasikan di SMP-SMP yang berada di Kota Cilegon. Dengan semakin tingginya pengetahuan remaja akan HIV AIDS dan Narkoba suntik maka epidemic HIV AIDS di Kota Cilegon dapat di cegah. 

Sumber : 
European Union “Impact Fact Sheet” 
KPA Kota Cilegon

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © KPA Kota Cilegon | Powered by Hengki Siswo Utomo